PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI
PAKET KEAHLIAN
: ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN : OTOMATISASI
PERKANTORAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas : X
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
1.
2.
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Penerapan penggunaan panca indera sebagai
sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai
agama yang dianut
1.3 Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu
bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
|
|||||||
2.1 Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran
menyiapkan, menggunakan otomatiasi perkantoran
2.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)
dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
2.4 Memiliki Sikap proaktif dalam melakukan
kegiatan otomatisasi perkantoran
|
||||||||
Semester 1
|
||||||||
3.1. Menjelaskan
cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat
4.1. Mengoperasikan
cara mengetik
(keyboarding) dengan tepat dan tepat
|
1. K3
Perkantoran, syarat-syarat ergonomic : luas ruang kerja, sikap duduk dan
letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar;
keyboard dan mouse, map dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan,
kebisingan
2. Mengetik
10 jari dengan kecepatan 200 epm dan ketepatan 99%
3. Teknik
Mengetik system 10 Jari dengan Cepat dan Tepat:
a. Penguasaan
Tuts dasar, Tuts Atas, Tuts Bawah, Tuts Angka dan tanda baca
b. Mengetik
naskah dengan kecepatan mulai dari 50 epm sampai dengan 200 epm, dengan tepat
100%
|
Mengamati
Mengamati beberapa kondisi tentang K3,
ergonomic : ruang kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran
kursi, tempat istirahat kaki; posisi layar; keyboard dan mouse, dokumen, radiasi layar komputer,
pencahayaan, dan kebisingan
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan pengetikan
10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts
yang digunakan
dalam pengetikan
Asosiasi
(menalar)
Menjelaskan konidisi
atau dampak yang ditimbulkan akibat kesalahan dalam
duduk, mengetik.
Komunikasi
Mempresentasikan
tata cara
mengetik 10 jari dan menjelaskan dampak akibat kesalahan dalam duduk, mengetik.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan penmgetikan (keyboarding)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengetikan di kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang proses pengetikan di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang tata cara mengetik (keyboarding)
|
7 x 5 JP
|
||||
3.2
Mengidentifikasi
cara mengoperasikan Microsoft Word
4.2.
Mengoperasikan
cara kerja Microsoft Word
|
·
MS Word
o Mulai
bekerja dengan MS Word
o Membuat
format dokumen
o Membuat
format teks dan paragraph
o Membuat
Format Tabel dan mengolah
o Membuat
Mail Merge
o Menggunakan
Warna dan objek
o Mencetak
File Dokumen
|
Mengamati
Mengamati bagaimana
cara kerja dengan MS Word, Membuat format dokumen, Membuat
format teks dan paragraph, Membuat Format Tabel, mengolah, Membuat Mail
Merrge, Menggunakan Warna dan objek dan Mencetak File Dokumen di sekolah atau di kantor terdekat
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
berkaitan dengan cara
kerja MS Word.
Eksperimen/explore
Praktik
cara menggunakan semua
tombol keyboard
Asosiasi
Menjelaskan tentang
cara kerja MS lainnya yang memiliki kesamaan dengan MS Word.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja dengan S Word.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
6 X 5 JP
|
o
|
|||
3.3.
Menguraikan cara mengoperasikan Microsoft Excel
4.3.
Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Excel
|
·
MS Excel
o Mulai
bekerja dengan MS Excel
o Membuat
Format Wordbook
o Membuat
Format Tabel
o Membuat
Format data Tabel
o Mengolah
Data Tabel dan Grafik
o Menggunakan
warna dan objek
o Mencetak
File Workbook
|
Mengamati
Mengamati Mulai bekerja dengan MS Excel, Membuat Format
Wordbook, Membuat Format Tabel, Membuat Format data Tabel, Mengolah Data
Tabel dan Grafik, Menggunakan warna dan objek, Mencetak File Workbook di
sekolah atau di kantor terdekat
.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik
menanyakan hal yang berkaitan dengan
cara kerja MS Excel
Eksperimen/explore
Menggunakan rumus-rumus
MS Excel
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi
lain yang meiliki kesamaan dengan MSel.
Komunikasi
o Mempresentasikan cara kerja MS Excel
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
7 X 5 JP
|
o
|
|||
Semestar 2
3.4
Menguraikan
cara mengoperasikan
Microsoft Power Point
4.4
Mengoperasikan
Microsoft Power Point
|
·
MS Power Point
o Mulai
bekerja dengan MS Power Point
o Membuat
Format Presentasi
o Membuat
Format Teks
o Membuat
Format Tabel
o Menggunakan
warna dan objek
o Membuat
format penampilan Slide
o Mencetak
File presentasi
|
Mengamati
Mengamati Mulai bekerja dengan MS Power Point, Membuat
Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat Format Tabel, Menggunakan
warna dan objek, Membuat format penampilan Slide, Mencetak File presentasi
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
berkaitan dengan cara
kerja MS power point
Eksperimen/explore
Menggunakan aplikasi
MS power point pada berbagai bidang kehidupan
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi
lain yang memiliki kesamaan dengan MS power point misalnya: Prezi
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja MS power point
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan materi yang dipresentasikan melalui
power point
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
khususnya dengan pekerjaan yang menggunakan power point
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan power point di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS power point
|
5 X 5 JP
|
||||
3.5 Menguraikan
cara mengoperasikan Microsoft Publisher
4.5 Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft Publisher
|
·
MS Publisher
o Mulai
bekerja dengan MS Publisher
o Langkah
kerja MS Publisher
o Mencetak
File MS Publisher
|
Mengamati
Mengamati cara
kerja Mulai bekerja dengan MS Publisher, Langkah kerja MS Publisher,
Mencetak File MS Publisher
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan pembuatan
MS Publisher
Eksperimen/explore
Menggunakan simbol-simbol yang digunakan MS Publisher
Asosiasi
Menjelaskan akibat kesalahan dalam mengerjakan materi
dengan MS Publisher.
Komunikasi
Mempresentasikan Cara
kerja MS Publisher
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan MS publisher di kantor terdekat secara berkelompok
Tes
Tes Praktik dan
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS Publisher
|
5 X 5 JP
|
||||
3.6 Menguraikan
cara mengoperasikan webside
4.6 Mempraktikkan
cara mengoperasikan webside
|
·
Internet dan E-mail
o Akses
internet
o Pengertian
tentang HTML
o Penggunaan
perangkat lunak untuk menciptakan web site
o E-mail
dengan ISP
o Mengenal
Aneka TIP (Install Font, Print Out, Menentukan jumlah Worksheet atau Workbook,
dan tampilan halaman web dalam Home Page
|
Mengamati
Mengamati penggunaan dan
pengoperasian Webside di sekolah atau
di kantor terdekat.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan cara mengoperasikan
webside
Eksperimen/explore
Mendemontrasikan
cara kerja webside kepada teman sekelas secara individual atau kelompok
Asosiasi
Menjelaskan fasilitas
lain yang memiliki kesamaan dengan cara kerja internet email dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja webside secara berkelompok
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan pekerjaan
kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o Tes tertulis bentuk uraian
dan/atau pilihan ganda
|
5 x 5 JP
|
o
|
|||
3.7 Menjelaskan cara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
4.7 Mengoperasikan cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana
|
·
Tata Cara pengetikan dokumen panjang maupun
pendek seperti:
o Surat,
memo dan sampulnya
o Kartu
nama, ucapan, undangan, barang, dll
o Surat/piagam
penghargaan,
o Brosur,
calendar,
o Simbol
rumus atau nilai statistik
o Laporan,
daftar isi, daftar pustaka, dll
·
Tata cara mengetik dan mengolah data tabel dan
grafik dengan menggunakan
fungsi-fungsi:
o Statistik
o Logika
o Lookup
o Smart
Art
·
Tata Cara
mengetik Bahan tampilan slide Presentasi dengan cara:
o Memformat
presentasi
o Memformat
Teks
o Memformat
table
o Memfaatkan
Smart Art
o Memformat
penampilan Slide secara transisi, animasi, sound effect
|
Mengamati
Mengamati
beberapa cara
memproduksi lembara kerja di sekolah atau di kantor
terdekat.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik
menanyakan hal yang berkaitan dengan cara
pengetikan dokumen panjang maupun pendek
Eksperimen/explore
Mencoba
mengetik dokumen-dokumen seperti memo, kartu nama, kartu undangan dan
lain-lain secara individual
Asosiasi
Menjelaskan cara
pengetikan bahan tampilan presentasi dengan
memanfaatkan Smart Art dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana.
|
Tugas
Membuat
tulisan untuk Kartu Nama atau kartu ucapan dan lain-lain dengan menggunakan
fasilitas computer secara berkelompok
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengerjaan dokumen sederhana
Portofolio
Laporan
tertulis tentang cara membuat dokumen secara berkelompok
Tes
Tes tertulis
bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang cara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
|
5 X 5 JP
|
o
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar